Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf Kepesertaan bagian Operasional Pelayanan Kesehatan, di Yayasan Kesehatan Telekomunikasi Bandung (Yakes Telkom). Yakes Telkom beralamat di Jl. Sentot Alibasyah No. 4, Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung sejak tanggal 28 Februari sampai dengan 08 April 2022. Praktik kerja dilaksanakan selama 28 hari kerja atau setara dengan 224 jam kerja dengan jam kerja 8 per hari.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja yaitu membantu melayani pengisian formulir, mencetak kartu, serta pemindaian dokumen persyaratan penggunaan fasilitas kesehatan peserta Yakes Telkom.. Selama penulis melakukan kegiatan praktik kerja, penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi,seperti Air Conditioner (AC) yang terkadang tidak berfungsi baik, printer kartu yang tidak bisa berfungsi dengan baik dan juga wifi yang terkadang mengalami kendala.
Yakes Telkom sudah cukup baik dalam melaksanakan kegiatan melayani para peserta di bagian Kepesertaan. Hal tersebut terlihat dari proses dan prosedur yang telah ditentukan oleh Yakes Telkom mudah untuk dipahami dengan cepat, para peserta yang hampir tidak ada kesulitan dalam melakukan segala proses dan prosedur yang diberikan. Penulis sudah mengetahui dan mempelajari cara bekerja di bagian kepesertaan.
Sebaiknya Yakes Telkom lebih memperhatikan kondisi terhadap peralatan penunjang bekerja seperti AC, printer, dan juga wifi disana agar para pegawai yang bekerja merasa nyaman dan senang saat bekerja