Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf administrasi umum di PT.
Mahesha Tunas Perkasa, Jl. Taman Ubud Asri V No. 22, Lippo Village, Tangerang,
Banten, 15810. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung sejak tanggal 14 Maret
2022 sampai dengan 13 April 2022. Praktik kerja dilaksanakan selama 27 hari kerja atau
setara dengan 204 jam kerja dengan rata-rata 8 jam kerja per hari.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja yaitu
menangani pembelian dari konsumen, menangani pembelian kepada supplier, dan
menangani kas kecil perusahaan. Selama penulis melakukan kegiatan praktik kerja, penulis
menemukan beberapa masalah yang terjadi, yaitu sedikitnya pesanan dari konsumen dan
staf karyawan tidak memberikan bukti pembayaran.
PT. Mahesha Tunas Perkasa sudah cukup baik dalam membuat standard operating
procedure (SOP) menangani pembelian dari konsumen, menangani pembelian kepada
supplier, dan menangani kas kecil perusahaan, sehingga memudahkan staf administrasi
melakukan pekerjaan tersebut. Untuk lebih efektif dan efisien sebaiknya PT. Mahesha
Tunas Perkasa lebih komunikatif dengan konsumen serta melakukan pendekatan, juga
melakukan pemasaran online agar menambah jumlah konsumen. Selain itu sebaiknya staf
karyawan PT. Mahesha Tunas Perkasa menanyakan atau meminta nota pembelian kepada
penjual, jika penjual tidak menyediakan nota pembelian, sebaiknya staf karyawan inisiatif
membawa kuitansi/nota kosong, agar diisi lengkap oleh penjual beserta tanda tangan
penjual.