Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf di bagian Pemasaran di UNPAR+. UNPAR+ beralamat di Jl. Menjangan No.12, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 4014. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung sejak tanggal 6 September sampai dengan 18 November 2020. Praktik kerja dilaksanakan selama 33 hari kerja atau setara dengan 264 jam kerja dengan rata-rata 8 jam kerja per hari.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja yaitu membalas E-mail dari pelanggan, mengunggah produk UNPAR+ di aplikasi Blibli.com, memasukkan kode voucher online courses ke dalam website UNPAR+, mengumpulkan surat lamaran kerja serta CV pelamar IT UNPAR+ ke dalam Google Drive, dan mengunggah video iklan di Youtube UNPAR+. Selama penulis melakukan kegiatan praktik kerja, penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi, yaitu kurangnya informasi produk yang diperoleh penulis, keterlambatan pemberian kode voucher kepada pelanggan, tidak ada batas waktu pengumpulan surat lamaran kerja pelamar, dan gangguan pada jaringan wifi kantor.
Berdasarkan praktik kerja yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa penulis telah memahami bagaimana cara mengerjakan kelima jobdesc yang telah diberikan oleh pembimbing. Penulis dapat memberikan saran agar lebih efektif dan efisien, sebaiknya UNPAR+ dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai produknya kepada penulis. Sebaiknya UNPAR+ dapat meningkatkan lagi kecepatannya dalam proses pemberian kode voucher kepada pelanggan. Sebaiknya UNPAR+ memberi batas waktu untuk pengumpulan surat lamaran kerja serta CV pelamar. Sebaiknya UNPAR+ dapat meningkatkan kualitas jaringan wifi kantor