Abstract:
Penulis merupakan pemilik dari Dapur Anns, bisnis ini merupakan bisnis
rumahan yang dijual secara online melalui media sosial dibidang makanan yang dimulai sejak tahun 2020. Dapur Anns berlokasi di Kota Cirebon Jalan Cluster Villa Kecapi Mas A5. Dapur Anns merupakan bisnis yang menyediakan makanan ringan. Bisnis ini menyasar kriteria laki-laki atau perempuan dengan rentang usia 15 sampai 35 tahun dengan segmentasi di semua kalangan. Memiliki positioning produk yang cepat dan memberikan pelayanan yang ramah terhadap konsumen. Dapur Anns memiliki 2 (dua) menu yaitu spaghetti brulee dan donat cimol. Makanan yang dijual merupakan makanan yang tidak dapat tahan lama sehingga masih belum dapat dijual antar kota. Harga setiap menu yang dijual cukup terjangkau yaitu rentang
harga 15 ribu hingga 17 ribu. Strategi bisnis yang digunakan dalam bisnis ini yaitu menjual dengan harga yang terjangkau, menggunakan kemasan ramah lingkungan dan melakukan promosi secara online dan offline. Penulis mendapatkan banyak pembelajaran sejak dimulainya bisnis Dapur Anns. Hal terpenting yang didapatkan adalah kita harus mampu mengetahui dan mengikuti perkembangan trend makanan. Tantangan yang dihadapi penulis adalah sistem penjualan dan pemasaran yang masih terbatas dan juga persaingan bisnis antar sesama bisnis makanan dan inovasi menu yang harus inovatif beragam agar bisnis ini tetap dapat bertahan dengan adanya persaingan. Agar dapat berkembang maju dan mampu bersaing, Dapur Anns sangat terbuka atas kritik dan saran serta
pendapat untuk menjadi bahan evaluasi.