dc.description.abstract |
Salah satu aktivitas manusia untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga.Umumnya pelaku olahraga akan menggunakan sepatu saat sedang berolahraga. Memilih sepatuolahraga yang tepat adalah persiapan yang penting sebelum berolahraga. Selain harus sesuai
dengan ukuran kaki, sepatu olahraga juga perlu disesuaikan dengan jenis olahraga yang dilakukan.
Sepatu olahraga yang tepat mendukung kondisi badan bergerak dengan nyaman sehingga dapat
menghindari cedera. Hasil survei terhadap 101 responden, didapatkan sembilan kriteria yang
menjadi bahan pertimbangan ketika memilih sepatu olahraga yaitu gender dari pengguna sepatu,
jenis olahraga, merek sepatu, kelenturan, warna sepatu, ketebalan sol, harga sepatu, berat sepatu
dan ketahanan sepatu terhadap air. Dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat
membantu penggiat olahraga menentukan pilihan sepatu olahraga.
Teknik Sequential Elimination by Conjuctive Constraints (SECC) dan teknik Simple Additive
Weighting (SAW) merupakan teknik yang digunakan untuk mendukung keputusan pemilihan
sepatu olahraga. Teknik SECC adalah teknik untuk mengeliminasi semua alternatif atau
semua kandidat sepatu olahraga yang tidak memenuhi nilai batasan kriteria. Kriteria untuk
teknik SECC adalah gender dari pengguna sepatu, jenis olahraga, merek sepatu, kelenturan,
warna sepatu dan ketebalan sol. Teknik SAW merupakan teknik mengambil sebuah keputusan
berdasarkan pembobotan terhadap kriteria sehingga dapat membantu pengguna untuk memilih
urutan prioritas dari ketiga kriteria selanjutnya yaitu harga sepatu, berat sepatu dan ketahanan
sepatu terhadap air. Teknik SECC dan teknik SAW menghasilkan informasi sepatu olahraga
dengan nilai tertinggi menjadi sepatu olahraga yang direkomendasikan.
Perangkat lunak dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML yaitu bootstrap
dan PHP. Perangkat lunak telah diuji terhadap sejumlah kasus uji sehingga pengguna dapat
memanfaatkan perangkat lunak ini untuk mendukung keputusan pemilihan sepatu olahraga. |
en_US |