Abstract:
Penulis melakukan praktik kerja sebagai staf Account Management di bagian Divisi Business Service, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Bandung yang berlokasi di Jalan Surapati No 1 Bandung 40115. Penulis melaksanakan praktik mulai tanggal 11 Juli 2016 sampai dengan tanggal 19 Agustus 2016, yang setara dengan 223 jam kerja. Berdasarkan penempatan posisi pekerjaan penulis, bidang praktik kerja yang dapat dibahas oleh penulis di perusahaan ini adalah Administrasi Perusahaan. Penulis ditugaskan untuk mempelajari cara melakukan pendekatan kepada calon konsumen, mempelajari cara menangani keluhan dari pelanggan, dan mempelajari cara membuat acara untuk UKM baru. Penulis mendapatkan beberapa masalah yaitu terjadinya perbedaan pendapat antar account manager sehingga membuat penulis kesulitan untuk membuat keputusan dan menghambat pekerjaan penulis, selain itu keterbatasan fasilitas computer untuk mahasiswa praktik kerja sehingga penulis mengalami kesulitan untuk melakukan proses kerja yang diberikan kepada penulis. Pada proses melakukan pendekatan kepada calon konsumen, Divisi Business Service melakukan presentasi produk dan negosiasi produk untuk mendapatkan keputusan produk yang akan dibeli oleh konsumen. Perusahaan menggunakan Fonnulir Kontrak Berlangganan (KB) selanjunya membuat Berita Acara Siap Operasi (BASO). Proses menangani complain dari konsumen dilakukan dengan melakukan pengecekan pada kontrak berlangganan yang dilakukan oleh konsumen dengan pihak perusahaan, maka perusahaan akan membuat laporan keluhan untuk melakukan proses penggantian produk jaringan telekomunikasi dan selanjutnya melakukan pengecekan ulang kembali terhadap keluhan. Membantu membuat acara untuk UKM bau dilakukan melalui proses pendekatan Komunitas Bisnis dengan menerapkan pola 3C (Connectivity, Content and Community), mencari daftar industri UKM untuk dijadikan sample pembuatan online store UKM dan melaksanakan kegiatan acara Kampung UKM Digital. Penanganan calon konsumen yang dilakukan oleh Divisi Business Service perihal pembelian produk jaringan telekomunikasi PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk sudah cukup baik dan sebaiknya dipertahankan. Proses penanganan complain konsumen yang dilakukan oleh Divisi Business Service sudah cukup baik, hanya saja sebaiknya disesuaikan dengan profil konsumen dan diberikan kuasa penanganan hanya kepada satu account manager sector jaringan saja. Pendekatan yang dilakukan perusahaan untuk pelaku UKM dengan membuatkan acara Kampung UKM Digital sudah sangat bagus melihat UKM merupakan salah satu pangsa pasar PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang ditugaskan untuk menginput data, sebaiknya disediakan computer agar mempermudah proses penginputan yang diberikan kepada mahasiswa magang oleh pihak perusahaan agar mahasiswa magang tidak mengganggu karyawan lain.