Usulan strategi bersaing untuk bisnis home industry jajanan pasar di Kota Bekasi : studi kasus bisnis home industry Mayona di Perumahan Harapan Indah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Rijanto, Maria
dc.date.accessioned 2023-11-21T04:26:19Z
dc.date.available 2023-11-21T04:26:19Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other tes2296
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16582
dc.description TES-PMM RIJ u/21 en_US
dc.description.abstract Home industry jajanan pasar merupakan salah satu bisnis makanan dan minuman yang memiliki persaingan yang tinggi. Bisnis ini memiliki supply dan user yang banyak. Selain itu dalam bisnis home industry jajanan pasar tidak memerlukan modal yang besar dan dapat dikendalikan langsung. Tingginya persaingan juga disebabkan oleh variasi produk jajanan pasar yang sangat beragam. Penelitian ini akan dilakukan pada bisnis home industry jajanan pasar yang berada di Perumahan Harapan Indah, yang terletak di Kota Bekasi. Kota Bekasi memiliki potensi industri perdagangan dan jasa. Kota Bekasi memiliki lokasi yang strategis karena berbatasan dengan kota Jakarta. Kota Bekasi juga memiliki jumlah penduduk tertinggi setelah Jakarta dan Surabaya serta memiliki kenaikan jumlah penduduk hingga 2.5% per tahun. Kondisi lingkungan eksternal turut mempengaruhi tingginya persaingan dalam bisnis ini. Dengan kondisi persaingan yang ada maka bisnis home industry jajanan pasar memerlukan strategi untuk bersaing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan industri dan persaingan terhadap bisnis jajanan pasar di Kota Bekasi dengan menggunakan tools Porter’s Five Forces dan PESTLE, dan untuk mendapatkan usulan strategi yang dapat diterapkan oleh bisnis home industry Mayona dengan menggunakan SWOT Analysis dan SWOT Matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan tools Porter’s Five Forces, industri bisnis jajanan pasar berada pada lingkungan dengan persaingan yang tinggi, memiliki kemudahan masuknya pendatang baru dalam industri bisnis ini, bisnis ini memiliki barang pengganti / subtitusi. Bisnis ini memiliki jumlah pemasok yang banyak sehingga pemasok tidak memberi kekuatan, selain itu konsumen loyal tidak memiliki kekuatan dalam tawar menawar. Dengan menggunakan tools PESTLE yang melihat lingkungan makro maka didapatkan bisnis ini dipengaruhi oleh faktor ekonomi, sosial, teknologi, dan lingkungan. Untuk faktor politik dan legal (hukum) tidak memberi pengaruh dalam bisnis ini. Dari hasil analisis internal dan eksternal yang dilakukan pada salah satu bisnis home industry jajanan pasar Mayona didapatkan strategi yang dapat dilakukan adalah strategi S-O dengan melakukan pengembangan pasar, dengan cara menambah jumlah reseller dan melakukan kerja sama dengan kantor / sekolah / retail untuk menyediakan jajanan pasar sesuai kebutuhan. Hal ini dapat dilakukan karena jajanan pasar memiliki pasar yang besar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Magister Manajemen Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject STRATEGI en_US
dc.subject PORTER'S FIVE FORCES en_US
dc.subject PESTLE SWOT en_US
dc.subject INDUSTRI JAJANAN PASAR en_US
dc.title Usulan strategi bersaing untuk bisnis home industry jajanan pasar di Kota Bekasi : studi kasus bisnis home industry Mayona di Perumahan Harapan Indah en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8031801018
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#MANAJEMEN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account