Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan : studi kasus pada pusat kebugaran Tweak Move! Fitness Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Marianti, Maria Merry
dc.contributor.author Muntu, Cindy Keziea
dc.date.accessioned 2023-11-10T04:31:18Z
dc.date.available 2023-11-10T04:31:18Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other tes2288
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16533
dc.description TES-PMM MAR p/22 en_US
dc.description.abstract Dengan semakin kompetitifnya persaingan pada industri pusat kebugaran di Kota Bandung, maka penting bagi manajemen pusat kebugaran untuk mengidentifikasi faktor yang dapat mendorong kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google form kepada 100 pelanggan Tweak MOVE! Fitness. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan program SmartPLS 3.3.9. Penelitian ini menggunakan model pengukuran kualitas layanan dari Yildiz (2011) yaitu Service Quality Scale for Fitness Centers (SQS-FC) dengan 4 dimensi yaitu kualitas personel, kualitas lingkungan fisik, kualitas layanan pendukung, dan kualitas program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas personel, kualitas lingkungan fisik, dan kualitas program berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas lingkungan fisik berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas personel dan kualitas program berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Sedangkan kualitas layanan pendukung tidak berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Analisis deskriptif dengan metode Importance Performance Analysis digunakan dalam penelitian ini untuk memberikan gambaran terkait atribut yang perlu menjadi prioritas perbaikan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Magister Manajemen Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject KUALITAS LAYANAN en_US
dc.subject KEPUASAN PELANGGAN en_US
dc.subject LOYALITAS PELANGGAN en_US
dc.title Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan : studi kasus pada pusat kebugaran Tweak Move! Fitness Bandung en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM8031901001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412066003
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#MANAJEMEN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account