Abstract:
Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar pada sektor bisnis pariwisata dan industri jasa. Ulasan online dapat dijadikan sebagai sumber data untuk mengembangkan pelayanan hotel dengan menganalisis teks untuk mendapatkan bagaimana sentimen dari pelayanan hotel sebelum dan saat COVID 19 terjadi. Analis teks dilakukan dengan menggunakan aspect-based sentiment analysis (ABSA). Pada umumnya pengelompokan aspek pada ABSA dilakukan dengan pemodelan topik teknik LDA. Pada penelitian ini digunakan dua teknik pemodelan topik yaitu LDA dan NMF. Perbandingan dari hasil kedua metode ini dapat memberikan gambaran terkait performansinya pada konfigurasi penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa aspek yang diperhatikan pada hotel bintang 2, 3, 4, dan 5 berbeda. Terdapat perbedaan sentimen sebelum dan saat pandemi pada aspek tersebut. Hasil menunjukkan terdapat ekspektasi yang berbeda dari sebelum dan saat pandemi dan pada setiap peringkat bintang hotel terhadap aspek-aspek tersebut.