Perancangan aplikasi Mobile Lelang Toys, Hobbies, and Games (THG) dengan pendekatan desain interaksi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Liando, Jody Julian
dc.date.accessioned 2023-10-04T02:31:21Z
dc.date.available 2023-10-04T02:31:21Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp43739
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/16128
dc.description 6083 - FTI en_US
dc.description.abstract Toys, Hobbies, dan Games (THG) merupakan jenis pasar yang memiliki market size yang besar. Pasar THG memiliki market size sebesar 545 miliar USD di luar negeri dan 16.69 miliar USD di Indonesia (statista, 2021). COVID-19 memicu adanya peningkatan permintaan THG dan perubahan perilaku masyarakat menjadi serba online. Hal ini mengakibatkan adanya usaha sampingan dan kelangkaan barang THG. Kelangkaan menyebabkan terjadinya pelelangan. Masyarakat menjadi sering melakukan jual-beli produk, termasuk THG, melalui media sosial, marketplace, dan E-Commerce. Tetapi, pasar THG sendiri terlampaui oleh pasar lain. Kemudian, banyak kasus penipuan yang terjadi, mulai dari pencurian uang hingga penipuan keaslian barang, terutama pada platform media sosial. Pada tahun 2015 hingga 2020 tercatat 7.701 kasus penipuan online (Al Jannah, 2021). Penelitian menggunakan metode Desain Interaksi. Penelitian akan berpusat pada pengguna dan berfokus pada perancangan perangkat lunak. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah identifikasi kebutuhan. Target pengguna adalah para kolektor THG dan pengguna biasa. Dihasilkan 16 kebutuhan gabungan dari kedua kelompok pengguna. Selanjutnya, dilakukan perancangan alternatif yang melibatkan 9 pengguna, dimana akan dibagi lagi menjadi 3 kelompok sehingga dapat dihasilkan 3 alternatif. Alternatif 3 menjadi konsep rancangan terpilih berdasarkan Running Scoring Matrices. Alternatif 3 dilanjutkan ke tahap prototyping hingga wujud high-fidelity dari prototype. Kemudian, tahap evaluasi menggunakan 4 jenis usability criteria, yaitu effectiveness dan efficiency (Task Completion) dan Satisfaction dan learnability (System Usability Scale). Penelitian menghasilkan aplikasi MYAUCTION.THG dan memiliki fitur utama, yaitu auction, livestream auction, notifikasi, messages, pelacakan status transaksi dan pengemasan, dan autentikasi. Hasil Evaluasi pada kriteria effectiveness sebesar 99.43, efficiency sebesar 86.36, dan System Usability Scale (Satisfaction dan Learnability) sebesar 86.88. Secara keseluruhan, hasil evaluasi dari prototype aplikasi lelang THG sudah baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan aplikasi Mobile Lelang Toys, Hobbies, and Games (THG) dengan pendekatan desain interaksi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801137
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account