Pengaruh performa metode design and building terhadap kepuasan klien pada proyek konstruksi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Soekiman, Anton
dc.contributor.author Agustin, Fitry Triyani
dc.date.accessioned 2023-09-12T04:40:10Z
dc.date.available 2023-09-12T04:40:10Z
dc.date.issued 2020-09-12
dc.identifier.other tes2243
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15908
dc.description.abstract Metode design and build adalah metode pelaksanaan proyek konstruksi di mana kontraktor bertanggung jawab atas desain serta konstruksi proyek. Dewasa ini metode procurement/pelelangan rancang bangun/design and build sudah banyak diaplikasikan pada proyek swasta maupun pemerintahan karena metode design and build dianggap dapat mempersingkat waktu pelelangan, waktu pelaksanaan, dan dapat menghemat biaya konstruksi. Dalam konstruksi design and build, pemilik hanya memberikan satu kontrak pada konsultan perencana dan kontraktor untuk desain dan konstruksi. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor kepuasan klien dengan penggunaan metode design and build, mencari faktor utama kepuasan klien serta mengkomparasi antara kepuasan klien pada proyek pemerintah dan proyek swasta. Jenis proyek konstruksi yang ditinjau adalah proyek konstruksi bangunan gedung yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta. Data yang digunakan adalah hasil jawaban kuesioner kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 20. Setelah itu mencari sumbangan efektif (SE) untuk mencari faktor yang paling dominan, serta membandingkan performa metode design and build antara klien proyek swasta dengan klien proyek pemerintahan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode faktor-faktor kepuasan klien berpengaruh dengan nilai R2 yang diperoleh sebesar 0,791 maka dapat diartikan bahwa variabel independen pengaruh terhadap variabel dependen (dengan persentase sebesar 79,10%.yang menunjukkan adanya hubungan kuat. Faktor yang paling dominan terhadap kepuasan klien yaitu variabel faktor hukum dengan nilai SE sebesar 16,438; Tender dan keuangan dengan nilai SE sebesar 14,102; Kinerja Owner dengan nilai SE sebesar 14,091; dan Tim Perencana dengan nilai SE sebesar 12,932. Selain itu terdapat variabel Independen yang berada di peringkat terakhir yaitu Manajemen komunikasi dengan nilai SE sebesar 11,397 dan Tim Pelaksana dengan nilai SE sebesar 10,197. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Magister Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject PROYEK KONSTRUKSI en_US
dc.subject DESIGN AND BUILD en_US
dc.subject KEPUASAN KLIEN en_US
dc.title Pengaruh performa metode design and building terhadap kepuasan klien pada proyek konstruksi en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM83115024
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421026301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI831#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account