Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muliawati
dc.contributor.author Pribadi, Roy Hopie Nugroho
dc.date.accessioned 2023-07-13T03:43:18Z
dc.date.available 2023-07-13T03:43:18Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43200
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15487
dc.description 24894 - FE en_US
dc.description.abstract Kinerja perusahaan dapat menentukan nilai suatu perusahaan melalui kenaikan dan penurunan harga saham. Kinerja yang baik dapat memberikan kepercayaan investor dan calon investor terhadap kelangsungan hidup perusahaan di masa mendatang. Investor melakukan penilaian kinerja perusahaan salah satunya dengan mempertimbangkan variabel fundamental seperti profitabilitas dan likuiditas serta kebijakan dividen. Kepercayaan investor terhadap suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan melalui kenaikan harga saham di pasar modal. Profitabilitas merupakan kemampuan manajemen untuk menghasilkan keuntungan. Tingginya profitabilitas perusahaan dapat meyakinkan pemegang saham bahwa perusahaan dapat memberikan keuntungan di masa depan melalui capital gain dan deviden. Keyakinan ini dapat mendorong investor dan calon investor berinvestasi di perusahaan. Likuiditas memperlihatkan kemampuan manajemen untuk memenuhi hutang yang jatuh tempo dalam waktu satu tahun. Tingkat likuiditas yang baik memberikan gambaran pada investor bahwa kinerja manajemen telah baik dan perusahaan tidak memiliki risiko kebangkrutan. Tingkat likuiditas yang baik dapat meningkatkan minat investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan, sehingga memengaruhi nilai perusahaan. Kebijakan dividen memberikan informasi terkait besaran dividen kas yang dibagikan dari laba perusahaan. Laba yang tidak dibagikan akan disimpan sebagai retained earnings dan dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai modal dalam melakukan investasi. Investor menganggap dividen yang dibagikan perusahaan memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan capital gain. Semakin besar persentase laba yang dibagikan sebagai dividen dapat meningkatkan keyakinan investor untuk membeli saham perusahaan yang pada akhirnya nilai perusahaan juga akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan metode hypothetico-deductive. Populasi penelitian merupakan 40 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 19 perusahaan sampel penelitian. Data sekunder yang digunakan bersumber dari laporan keuangan masing-masing perusahaan yang diakses melalui situs resmi perusahaan dan situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Data diolah dan dianalisis dengan bantuan program komputer Microsoft Excel dan EViews versi 12. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya analisis statistik deskriptif, estimasi model data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan model regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel profitabilitas yang diukur menggunakan Return on Equity (ROE) dapat dibuktikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel likuiditas yang diukur menggunakan Current Ratio (CR) dan variabel kebijakan dividen yang diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR) tidak dapat dibuktikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, likuiditas, dan kebijakan dividen secara simultan dapat dibuktikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Terdapat beberapa saran yang diajukan kepada investor dan calon investor serta peneliti selanjutnya. Investor dan calon investor diharapkan dapat mempertimbangkan faktor profitabilitas, likuiditas, dan kebijakan dividen yang dapat memengaruhi nilai perusahaan sebelum melakukan keputusan investasi. Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menggunakan indikator dan sektor industri lain serta menambah periode atau data penelitian yang digunakan agar hasil penelitian dapat lebih baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject profitabilitas en_US
dc.subject return on equity en_US
dc.subject likuiditas en_US
dc.subject current ratio en_US
dc.subject kebijakan dividen en_US
dc.subject dividend payout ratio en_US
dc.subject nilai perusahaan en_US
dc.subject price to book value en_US
dc.subject sektor barang konsumsi en_US
dc.subject Bursa Efek Indonesia. en_US
dc.title Pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6041801124
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0427017301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account