dc.description.abstract |
Seiring berjalannya masa pandemi COVID-19 sejak Maret 2020, terjadi
peningkatan jumlah aplikasi game yang diinstalasi oleh pengguna mobile game sebesar
84%. Peningkatan tersebut dapat menjadi peluang industri game untuk memperoleh
keuntungan, salah satunya dengan mobile in-game ads. Namun, mobile in-game ads ini
dapat menyebabkan perasaan negatif kepada pengguna yang dapat mengurangi
efektivitas iklan. Untuk meningkatkan efektivitas mobile in-game ads, sisi ergonomis dari
tampilan dan penayangan iklan perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh faktor durasi dan ada/tidaknya interaksi dari iklan mobile in-game
terhadap efektivitas iklan berdasarkan pengukuran emosi dan eye tracking serta
memberikan rekomendasi kombinasi iklan mobile in-game terbaik.
Dalam mengidentifikasi rancangan iklan mobile in-game yang efektif, digunakan
metode eksperimen dengan desain faktorial yang melibatkan 2 buah faktor (durasi iklan
dan ada/tidaknya interaksi). Masing-masing faktor memiliki 2 level, sehingga dihasilkan 4
perlakuan. Pengumpulan data melibatkan 30 partisipan dengan jenis within-subject design.
Sebagai variabel dependen, terdapat 3 buah data eye tracking yang dikumpulkan
menggunakan Tobi Pro Glasses 2, yaitu transformed fixation duration (TFD), transformed
fixation number (TFN), dan time to first fixation (TTFF). Selain itu, terdapat 2 buah data
emosi melalui instrumen PrEmo2, yaitu rata-rata skor emosi positif dan emosi negatif.
Setiap kelompok faktor terhadap kelima data akan diuji pengaruh dan signifikansinya
menggunakan uji Two-Way Repeated Measure ANOVA.
Berdasarkan hasil pengujian Two-Way Repeated Measure ANOVA, dihasilkan
kombinasi perlakuan durasi dan interaksi iklan yang terbaik, yaitu iklan dengan durasi 20
detik dan ada interaksi (dilihat dari TFN dan TFD yang tinggi, TTFF yang rendah, emosi
positif yang tinggi, dan emosi negatif yang rendah). Didapatkan hasil bahwa data TFD dan
TFN menyatakan durasi iklan 20 detik dan ada interaksi sebagai level terbaik. Sedangkan
dari data TTFF menyatakan durasi iklan 20 detik dan tidak ada interaksi sebagai level
terbaik. Rekomendasi akhir rancangan iklan mobile in-game yang efektif adalah iklan
dengan durasi 20 detik dan ada interaksi. |
en_US |