Abstract:
Dewasa ini, perkembangan internet di Dunia sudah terjadi dengan sangat pesat dan
sudah tersebar ke seluruh Dunia yang dimana termasuk di Indonesia. Pengguna dari
internet sendiri setiap tahun meningkat secara pesat. Salah satu produk dari perkembangan
internet adalah dengan munculnya e-commerce yang membantu masyarakat untuk
berbelanja secara daring/online. Sudah banyak e-commerce yang berkembang dan
digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu dari e-commerce itu adalah Elevenia.
Elevenia adalah salah satu e-commerce yang cukup dikenal di Indonesia yang diluncurkan
pada tanggal 1 Maret 2014 dan beroperasi dibawah naungan PT. XL Planet dan pada tahun
2017 XL melepas saham Elevenia kepada Salim Group. Pada tahun 2017, Elevenia adalah
salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang dimana memeliki pengguna sebanyak
34.600.000, mengungguli e-commerce ternama seperti Tokopedia dan Shopee. Elevenia
mengalami penurunan jumlah pengguna secara berkala dari tahun 2017 hingga tahun 2021
yang dimana sekarang Elevenia hanya memiliki pengguna sekitar 900.000. Penulis melihat
review yang diberikan oleh pengguna Elevenia dan didapati bahwa banyak pengguna
Elevenia yang tidak puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan seperti aplikasi yang
lambat, respon penjual yang lambat dan sebagainya. Dari hasil preliminary research yang
telah dilakukan terhadap pengguna Elevenia. Didapati bahwa banyak responden yang tidak
berminat untuk membeli produk kembali di Elevenia. Penulis kemudian melakukan
penelitian lebih dalam dan ditemukan bahwa banyak responden yang merasa tidak puas
dengan kualitas pelayanan dari Elevenia. 26 dari 30 responden merasa kesulitan untuk
mengakses website ataupun aplikasi dari Elevenia dan juga merasa kesulitan untuk
menggunakan website atau aplikasi dari Elevenia. 23 dari 30 responden juga merasa
kesulitan untuk berinteraksi dengan seller ataupun customer service dari Elevenia.
Dikarenakan responden merasa tidak puas dengan kualitas pelayanan dari Elevenia,
responden merasa tidak tertarik untuk berbelanja di Elevenia lagi.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap kualitas
pelayanan dari Elevenia dan pengaruhnya terhadap minat menggunakan kembali aplikasi
dari market place Elevenia. Variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini
adalah e-service quality dengan dimensi information quality, security, website
functionality, customer relationship, dan responsiveness and fulfillment. Sedangkan
variabel dependen yang digunakan adalah niat beli ulang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, observasi dan studi
literatur dengan menggunakan judgement sampling dimana responden merupakan orang
yang pernah menggunakan atau berbelanja di Elevenia. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality tidak berpengaruh terhadap
niat beli ulang melalui Elevenia. Kontribusi variabel independen terhadap variabel
dependen adalah sebesar 36,6% sedangkan 63,4% sisanya merupakan kontribusi dari
faktor faktor lain.