dc.description.abstract |
Belanja online sangat diminati pada masyarakat modern di era digital pada
saat ini, sehingga banyak pelaku bisnis yang mulai berjualan secara online
sehingga persaingan pun semakin ketat. Camanibasic merupakan bisnis yang
bergerak di industri pakaian jadi yang penjualannya dilakukan secara online.
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan bisnis khususnya strategi
yang tepat dan efektif untuk Camanibasic di masa yang akan datang. Tujuannya
adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas strategi yang tepat untuk
dijalankan oleh Camanibasic.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
deskriptif dengan metode penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan berupa wawancara dengan owner dari Camanibasic dan
metode umum.
Data dianalisis dengan menggunakan SWOT Matriks,Porter’s Five Forces
Matriks IFE dan EFE , dan IE Matriks.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, terdapat ancaman dan
peluang seperti kemajuan teknologi semakin berkembang pesat sehingga
masyarakat pada saat ini masyarakat lebih senang untuk berbelanja dan
bertransaksi secara online dan ancamannya banyak pembisnis dengan industri
yang sama membuka bisnis nya secara online yang membuat persaingan pun
semakin ketat. Dari matriks IE posisi Camanibasic berada di kuadran I, hasil
tersebut dilihat dari perhitungan matriks EFE sebesar 3.18 dan perhitungan
matriks IFE sebesar 3.14. Dengan demikian strategi yang direkomendasikan
penulis untuk Camanibasic berdasarkan teori adalah strategi intensif
(pengembangan produk dan penetrasi pasar) yaitu dengan meningkatkan inovasi
produk,menghasilkan tren yang baru yang belum pernah ada sebelumnya,
meningkatan promosi dan pemasaran seperti melakukan endorsement atau
kolaborasi dengan artis atau selebgram yang sudah terkenal, dan memperluas
letak geografis dengan mengikuti event secara offline dan berjualan di platform
online |
en_US |