Abstract:
PT Selaras Kusuma merupakan salah satu pedagang besar farmasi yang ada
di Indonesia. Didirikan sejak tahun 1995, perusahaan ini merupakan pelaku usaha
lama di bidangnya. Persaingan yang cukup pesat di bidang industri farmasi
membuat peneliti tertarik untuk menganalisis lingkungan internal dan lingkungan
eksternal pada PT Selaras Kusuma. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan
untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh PT Selaras Kusuma dan
merekomendasikan strategi yang mungkin dapat diterapkan, sehingga PT Selaras
Kusuma dapat bersaing di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti
untuk penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan metode studi kasus yang
digunakan untuk mengumpulkan data melalui kegiatan observasi, wawancara
dengan narasumber, serta studi literatur yang menjadi kajian teori. Data yang telah
dikumpulkan kemudian akan dianalisis dengan menggunakan teori analisis
PESTLE, Porter Five Force’s, dan SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat
disimpulkan bahwa PT Selaras Kusuma menerapkan strategi kepemimpinan biaya
untuk menjalankan kegiatan usahanya dan bertahan di pasar sampai saat ini.
Sedangkan strategi yang menjadi rekomendasi tepat untuk diterapkan oleh PT
Selaras Kusuma adalah strategi fokus diferensiasi.