dc.description.abstract |
ReCharge yang dikembangkan oleh PT. Jalan Terus Saja merupakan suatu jasa penyewaan power bank di Indonesia yang menggunakan teknologi IoT (Internet of Things). Perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia membawa peluang bagi ReCharge untuk mengembangkan bisnis terutama untuk meningkatkan nilai atau manfaat dalam hal customer experience, baik secara fungsional maupun emosional. Terdapat 6 (enam) karakteristik produk IoT yang mempengaruhi customer experience tersebut, yaitu: connectivity, interactivity, telepresence, intelligence, convenience, dan security. Penelitian ini bertujuan melihat karakteristik produk IoT yang paling berpengaruh terhadap customer experience untuk dapat menjadi acuan dalam pengembangan produk dan standard operating procedure bagi perusahaan. Metode penelitian dilakukan dengan survey, focus group discussion, observasi lapangan, dan studi literatur. Data hasil kuesioner dari 136 responden diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis faktor, uji klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji linearitas), uji kanonik, dan uji dominasi. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa karakteristik security paling mempengaruhi customer experience pengguna ReCharge. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan produk dan standard operating procedure dengan penekanan pada aspek security. |
en_US |