Pengembangan produk & standard operating procedures berdasarkan pengaruh karakteristik internet of things terhadap customer experience di PT. Jalan Terus Saja "recharge Indonesia"

Show simple item record

dc.contributor.advisor Widyarini, Maria
dc.contributor.author Tobing, Albert Mangapul Parulian Lumban
dc.contributor.author Yosefa
dc.contributor.author Tarigan, Sefanya Anasthasya
dc.contributor.author Lestari, Vinanti
dc.date.accessioned 2022-09-21T06:58:03Z
dc.date.available 2022-09-21T06:58:03Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 144811
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13242
dc.description.abstract ReCharge yang dikembangkan oleh PT. Jalan Terus Saja merupakan suatu jasa penyewaan power bank di Indonesia yang menggunakan teknologi IoT (Internet of Things). Perkembangan Revolusi Industri 4.0 di Indonesia membawa peluang bagi ReCharge untuk mengembangkan bisnis terutama untuk meningkatkan nilai atau manfaat dalam hal customer experience, baik secara fungsional maupun emosional. Terdapat 6 (enam) karakteristik produk IoT yang mempengaruhi customer experience tersebut, yaitu: connectivity, interactivity, telepresence, intelligence, convenience, dan security. Penelitian ini bertujuan melihat karakteristik produk IoT yang paling berpengaruh terhadap customer experience untuk dapat menjadi acuan dalam pengembangan produk dan standard operating procedure bagi perusahaan. Metode penelitian dilakukan dengan survey, focus group discussion, observasi lapangan, dan studi literatur. Data hasil kuesioner dari 136 responden diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics 25 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis faktor, uji klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji linearitas), uji kanonik, dan uji dominasi. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa karakteristik security paling mempengaruhi customer experience pengguna ReCharge. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan produk dan standard operating procedure dengan penekanan pada aspek security. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject INTERNET OF THINGS en_US
dc.subject CUSTOMER EXPERIENCE en_US
dc.subject PENGEMBANGAN PRODUK en_US
dc.subject STANDARD OPERATING PROCEDURE en_US
dc.title Pengembangan produk & standard operating procedures berdasarkan pengaruh karakteristik internet of things terhadap customer experience di PT. Jalan Terus Saja "recharge Indonesia" en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account