Manajemen basis data pengadaan barang dan jasa serta penyusunan flowchart pada Divisi Teknologi Informasi di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Manurung, Elvy Maria
dc.contributor.author Nadhira, Rieffega
dc.date.accessioned 2022-07-19T06:13:37Z
dc.date.available 2022-07-19T06:13:37Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other kp2189
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13124
dc.description 745 - PDTM en_US
dc.description.abstract Penulis telah melaksanakan praktik kerja di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Regional III Divisi Informasi Teknologi pada bagian Administrasi Barang dan Jasa (Procurement). Perusahaan tersebut terletak di jalan Japati No.1 Kota Bandung, 40133. Penulis telah melakukan praktik kerja yang dimulai dari tanggal 1 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Penulis melakukan praktik kerja di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk selama 23 hari dengan total 207 jam kerja. Waktu bekerja di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dimulai dari hari Senin sampai dengan Jum’at dengan jam kerja pukul 08:00-17:00 WIB atau 9 jam per hari. Penulis ditempatkan pada bidang administrasi perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja adalah memasukkan data dokumen pelaksanaan pengadaan sewa perusahaan ke komputer. Memeriksa kelengkapan dokumen sebagai syarat administrasi pengadaan barang dan jasa secara digital. Melakukan perubahan dan pengkinian dokumen prosedur PT Telkom Indonesia secara digital. Selain ketiga hal tersebut, penulis juga melakukan tugas tambahan sebagai berikut menyusun flowchart baru dari prosedur sistem 19yang lama menggunakan aplikasi Microsoft Word, melakukan scan dokumen keuangan dari perjanjian kontrak dengan pihak eksternal, dan melakukan presentasi hasil flowchart kepada Quality and Asset Manager dan Quality and Asset Staff. Penulis menggunakan 2 teori dalam penulisan penelitian ini yaitu sistem informasi manajemen dan administrasi perkantoran. Berdasarkan kegiatan praktik kerja yang telah dilakukan oleh penulis, penulis menyimpulkan bahwa seluruh kegiatan Staf Administrasi Barang dan Jasa (Procurement) Divisi Informasi Teknologi telah terlaksana dengan baik sesuai dengan teori yang ada. Adapun saran untuk permasalahan yang ada, sistem pengarsipan beberapa dokumen pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di Divisi Informasi Teknologi sebaiknya menggunakan sistem klasifikasi yang benar dan lengkap. Sebaiknya Divisi Informasi Teknologi menyediakan aplikasi visio pada setiap komputer untuk membuat gambar flowchart. Hal tersebut disarankan agar mempermudah proses pelaksanaan kerja. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan - FE Unpar en_US
dc.title Manajemen basis data pengadaan barang dan jasa serta penyusunan flowchart pada Divisi Teknologi Informasi di PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM5031801036
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413116901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI503#Manajemen Perusahaan


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account