Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf di bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat. DP3AKB Provinsi Jawa Barat terletak di Jl. Sumatera No. 50, Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja terhitung sejak tanggal 1 April 2021 sampai dengan 31 Mei 2021. Praktik kerja dilaksanakan selama 32 hari kerja atau setara dengan 212,6 jam kerja dengan rata-rata 6,6 jam kerja per hari.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja, yaitu membuat tabel kegiatan yang telah dilaksanakan oleh bidang PHA selama tahun 2021 menggunakan Microsoft Excel, membantu pembuatan surat keluar yaitu surat undangan dari instansi ke instansi, instansi ke individu, serta surat pernyataan menggunakan Microsoft Word serta membuat notulen rapat dan kegiatan yang diadakan oleh bidang PHA di dalam maupun di luar lingkungan DP3AKB Provinsi Jawa Barat menggunakan Microsot Word. Selama penulis melaksanakan praktik kerja, penulis menemukan beberapa masalah yang terjadi, yakni memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan data kegiatan, hasil pekerjaan tidak diperiksa secara menyeluruh sehingga perbaikan dilakukan secara berulang dan tulisan susah untuk dibaca.
Setelah melaksanakan praktik kerja, penulis telah mengetahui cara membuat tabel kegiatan yang telah dilaksanakan oleh bidang PHA selama tahun 2021, bagaimana cara pembuatan surat keluar serta cara membuat notulen rapat dan kegiatan yang diadakan oleh bidang PHA baik di dalam maupun di luar lingkungan DP3AKB Provinsi Jawa Barat. Supaya lebih efisien, sebaiknya bidang PHA membuat folder untuk penyimpanan soft file dan memberi judul pada setiap map yang digunakan untuk menyimpan data berbentuk hard copy. Sebaiknya pekerjaan yang ingin diperiksa tidak dicetak terlebih dahulu melainkan dikirim dalam bentuk soft file. Jika harus dicetak, cukup satu rangkap saja. Sebaiknya pegawai dapat lebih jelas dalam memberikan data sehingga mudah untuk dibaca.