Abstract:
Praktik kerja yang dilakukan penulis (sejak 5 Maret 2021 sampai dengan 14
April 2021 yang setara dengan 39 hari) di PT Telekomunikasi Indonesia , Tbk,
Wilayah Regional III bertujuan untuk (1). mengetahui tata cara scan hasil pembayaran
logistic pada bagian Community Development Center (CDC),(2) Mengetahui tata cara
merekap biaya pada laporan perjalanan dinas, (3)Mengetahui tata cara merekap,
menyelesaikan untuk mencairkan gaji karyawan. (4) Mengetahui tata cara memesan
kebutuhan kantor melalui aplikasi PADI UMKM.
Penulis ditetapkan di bagian staf sekretariat yang bertugas membantu
administrasi di PT Telekomunikasi Indonesia , Tbk, Wilayah Regional III. Bidang
praktik kerja yang dilakukan oleh penulisan adalah bidang Administrasi Perusahaan.
Pada pelaksanaan praktik kerja tersebut diberikan beberapa tugas, yaitu : (1). Tata cara
scan hasil pembayaran logistic, (2). Tata cara merekap biaya pada laporan perjalanan
dinas, (3). Tata cara merekap, menyelesaikan untuk mencairkan gaji karyawan, (4).
Tata cara memesan kebutuhan kantor melalui aplikasi PADI UMKM.
Hasil yang didapat oleh penulis setelah melakukan praktik kerja adalah penulis
lebih memahami proses dan tata cara kerja yang baik pada pekerjaan Administrasi dari
sebuah perusahaan.