Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja di Bank Mandiri, Jl. Surapati No. 2, Bandung. Penulis telah melakukan praktik kerja selama 204 jam kerja mulai dari tanggal 23 Maret 2021 sampai dengan 04 Mei 2021 dan dengan waktu kerja yaitu Senin sampai dengan Jumat selama 7,5 jam per hari. Adapun bidang yang dilakukan oleh penulis adalah bidang administrasi perusahaan.
Pekerjaan yang dilakukan oleh penulis selama melakukan praktik kerja adalah melakukan perekapan data temuan hasil On site review (OSR) dari tahap menghubungi penanggung jawab untuk meminta bukti dalam bentuk foto dari temuan fisik, membuat laporan dari foto temuan fisik lalu mengirimkan laporan kepada kantor wilayah. Melakukan perekapan Customer Appreciation dari tahap menghubungi penanggung jawab untuk meminta bukti foto Customer Appreciation yang dilakukan oleh Teller, Customer Service dan juga Security lalu menginput data tersebut pada website yang sudah disediakan, mengisi NIP, Nama, Kode Cabang, Posisi Pegawai, Jenis Sosial Media yang digunakan Customer, Keterangan Transaksi, Tanggal Posting di Sosial Media. Melakukan perekapan pengkinian data nasabah dimulai dengan menghubungi penanggung jawab untuk dimintai pengkinian data nasabah dengan format yang sudah ditetapkan lalu area akan melakukan rekap ulang dari setiap cabang dan mengirimkan hasil rekap dari setiap cabang tersebut kepada region atau kantor wilayah dari Bank Mandiri. Melakukan On site review (OSR) ke cabang-cabang tertentu yang dibawahi oleh Bank Mandiri Area Surapati dengan mendatangi beberapa cabang yang dibawahi oleh Bank Mandiri Area Surapati dan berperan sebagai Fake Shopper, melakukan kegiatan transaksi seperti membuka rekening, melakukan transfer ataupun melakukan penyetoran uang lalu mencatat pelayanan yang diberikan oleh pegawai (Teller, Customer Service, Security) dari cabang tersebut apakah sudah memenuhi skenario yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh Bank Mandiri. Melakukan pembuatan laporan hasil On site review (OSR) dimulai dengan pembuatan laporan dari hasil kegiatan On site review (OSR) yang menuliskan cabang, nama dari pegawai seperti Security, Customer Service dan Teller, menuliskan kekurangan dari pelayanan yang diberikan dan memeriksa kesesuaian pelayanan dengan skenario yang sudah dibuat Bank Mandiri lalu laporan akan diberikan kepada pembimbing dari penulis
Berdasarkan kegiatan praktik kerja yang telah dilakukan oleh penulis, penulis menyimpulkan bahwa seluruh kegiatan administrasi pada bagian Service Quality telah terlaksana dan terorganisir dengan baik dan sesuai dengan teori yang ada.