Propaganda Amerika melalui Tokoh Captain America : studi kasus Film “Captain America : the First Avenger”

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwikardana, Sapta
dc.contributor.author Pratama, Rafi Hugo Putra
dc.date.accessioned 2022-03-23T06:17:11Z
dc.date.available 2022-03-23T06:17:11Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40134
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12781
dc.description 9463 - FISIP en_US
dc.description.abstract Citra Amerika Serikat sebagai negara adidaya yang selama ini dikenal oleh dunia internasional tak lepas dari suatu proses yang dialami negara tersebut sebagai upaya untuk mendapatkannya. Hal ini tentunya didorong oleh kemajuan media massa, terkhususnya industri perfilman Hollywood yang memiliki dampak besar pada industri perfilman dunia. Penelitian ini memberi suatu ketertarikan sendiri bagi penulis karena melibatkan pembentukkan citra positif pada suatu negara yang dibentuk melalui film. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisa media film yang dijadikan sebagai alat propaganda dalam upaya membentuk citra positif negara Amerika. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Film Captain America: the First Avenger Menjadi Sebuah Propaganda yang Mengandung Unsur Nation Branding?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana kritis dengan menganalisis adegan dan dialog dalam film. Penulis menggunakan tiga teori utama yaitu konstruktivisme yang digunakan untuk menjelaskan power politics Amerika, teori propaganda, serta media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Captain America: the First Avenger merupakan salah satu produk propaganda karena telah dianalisis melalui 7 faktor propaganda menurut Institute of Propaganda Analysis (IPA). Propaganda ini telah membangun citra positif negara Amerika yang dibuktikan melalui reaksi yang ditimbulkan oleh media internasional sehingga dapat dikatakan adanya unsur nation branding di dalamnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Propaganda en_US
dc.subject Captain America en_US
dc.subject Nation Branding en_US
dc.subject Amerika en_US
dc.title Propaganda Amerika melalui Tokoh Captain America : studi kasus Film “Captain America : the First Avenger” en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330198
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423096101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account