dc.contributor.advisor |
Dwikardana, Sapta |
|
dc.contributor.author |
Pratama, Rafi Hugo Putra |
|
dc.date.accessioned |
2022-03-23T06:17:11Z |
|
dc.date.available |
2022-03-23T06:17:11Z |
|
dc.date.issued |
2020 |
|
dc.identifier.other |
skp40134 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/12781 |
|
dc.description |
9463 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Citra Amerika Serikat sebagai negara adidaya yang selama ini dikenal oleh dunia internasional tak lepas dari suatu proses yang dialami negara tersebut sebagai upaya untuk mendapatkannya. Hal ini tentunya didorong oleh kemajuan media massa, terkhususnya industri perfilman Hollywood yang memiliki dampak besar pada industri perfilman dunia. Penelitian ini memberi suatu ketertarikan sendiri bagi penulis karena melibatkan pembentukkan citra positif pada suatu negara yang dibentuk melalui film. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisa media film yang dijadikan sebagai alat propaganda dalam upaya membentuk citra positif negara Amerika. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Film Captain America: the First Avenger Menjadi Sebuah Propaganda yang Mengandung Unsur Nation Branding?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana kritis dengan menganalisis adegan dan dialog dalam film. Penulis menggunakan tiga teori utama yaitu konstruktivisme yang digunakan untuk menjelaskan power politics Amerika, teori propaganda, serta media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Captain America: the First Avenger merupakan salah satu produk propaganda karena telah dianalisis melalui 7 faktor propaganda menurut Institute of Propaganda Analysis (IPA). Propaganda ini telah membangun citra positif negara Amerika yang dibuktikan melalui reaksi yang ditimbulkan oleh media internasional sehingga dapat dikatakan adanya unsur nation branding di dalamnya. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
Propaganda |
en_US |
dc.subject |
Captain America |
en_US |
dc.subject |
Nation Branding |
en_US |
dc.subject |
Amerika |
en_US |
dc.title |
Propaganda Amerika melalui Tokoh Captain America : studi kasus Film “Captain America : the First Avenger” |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2016330198 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0423096101 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|