dc.description.abstract |
Marco Makaroni merupakan salah satu UKM di Bandung yang berdiri pada tahun 2011 dan bergerak di bidang makanan ringan yaitu makaroni kering yang dijual secara online dan offline. Pada saat ini produk dari Marco Makaroni ini hanya dikemas dengan plastik transparan saja sehingga terlihat kurang menarik untuk dipasarkan secara online. Oleh karena itu, perlu dilakukan perancangan ulang kemasan yang sesuai dengan keinginan dari konsumen dan dapat menyentuh sisi emosi dari konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli produk Marco Makaroni. Metode yang digunakan untuk melakukan perancangan ulang kemasan berdasarkan emosi dari konsumennya adalah metode Kansei Engineering. Metode ini dipilih karena dapat menunjukkan perasaan dari konsumen dengan jelas, karena kata-kata kansei didapatkan juga dari konsumen sendiri. Selain itu, hasil yang didapatkan juga lebih akurat karena menggunakan analisis statistik multivariat. Hasil yang diperoleh dari metode ini berupa kumpulan kata kansei yang mewakili emosi konsumen saat melihat kemasan makanan ringan makaroni. Penelitian dilakukan dengan menggunakan enam produk pembanding, yaitu Makaroni Rendam, Makronice, Makaroni Mekar Rasa, Moshinyuu, MacFac dan Maicih. Berdasarkan pengumpulan dan pengelompokkan kata kansei dihasilkan 25 kata kansei yang selanjutnya dipakai untuk membuat kuesioner dengan semantic differential. Hasil dari pengisian kusioner dianalisis dengan analisis faktor dan menghasilkan empat faktor, yaitu faktor bentuk praktis, faktor estetika menarik, faktor warna elegan, dan faktor ramah lingkungan. Marco Makaroni mendapatkan penilaian kedua terendah pada faktor estetika menarik, faktor warna elegan, dan faktor ramah lingkungan. Selanjutnya dilakukan perancangan usulan kemasan berdasarkan faktor yang ada. Hasil dari evaluasi rancangan menunjukkan setiap alternatif rancangan dapat meberikan peningkatan penilaian untuk setiap faktor, dan penilaian tertinggi seluruh faktor berada pada usulan rancangan kemasan alternatif ketiga, yaitu kemasan dengan bentuk tabung dengan nilai sebesar 4,008 untuk faktor bentuk praktis, 4,167 untuk faktor estetika menarik, 4,096 untuk faktor warna elegan, dan 4,048 untuk faktor ramah lingkungan dari skala 5. |
en_US |