Perancangan konsep aplikasi mobile game persuasif yang memotivasi mahasiswa untuk berolahraga

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Padmasari, Catharina Cita
dc.date.accessioned 2017-03-27T09:49:31Z
dc.date.available 2017-03-27T09:49:31Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1239
dc.description 4424 - FTI en_US
dc.description.abstract Kesadaran dini dengan berolahraga penting untuk mengurangi resiko buruk pada kesehatan nantinya. Menurut Kwan, et al. (2012), terjadi penurunan aktivitas fisik pada usia mahasiswa, yakni dari usia akhir remaja ke usia awal dewasa. Dalam aktivitas mahasiswa, kebugaran dibutuhkan selain untuk dapat menjalani aktivitas padat dalam bidang akademik dan non-akademik, juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jadwal padat dan kurangnya motivasi menjadi halangan untuk berolahraga. Penggunaan smartphone yang praktis dan memudahkan kehidupan manusia, juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan, seperti bermain game. Sehingga diharapkan ada aplikasi mobile game yang bersifat persuasif sehingga dapat memotivasi user untuk berolahraga. Dengan demikian, dilakukan penelitian untuk menghasilkan konsep mobile game seperti apa yang dapat memotivasi mahasiswa. Tahapan awal dimulai dengan identifikasi kebutuhan kepada mahasiswa sebagai responden sebanyak 8 orang. Identifikasi kebutuhan dilakukan dengan wawancara langsung dan menghasilkan daftar kebutuhan yang terdiri 12 buah kebutuhan. Daftar kebutuhan dikembangkan menjadi sebuah persona dan skenario. Daftar kebutuhan, persona, dan skenario digunakan sebagai pedoman perancangan desain menggunakan metode design workshop yang menghasilkan 3 konsep. Selanjutnya, salah satu konsep akan dipilih berdasarkan penilaian 8 responden dan persentase pemenuhan dari daftar kebutuhan. Konsep terpilih dikembangkan menjadi rancangan dalam bentuk prototipe low fidelity menggunakan software Just In Mind. Evaluasi dilakukan oleh responden dari segi persepsi apakah konsep aplikasi mobile game dapat memotivasi untuk berolahraga serta dari segi desain dan tampilan. Responden memberikan komentar positif untuk motivasi. Dapat dikatakan, bentuk motivasi yang ada pada konsep sudah memenuhi kebutuhan responden. Dari segi desain dan tampilan, didapatkan komentar positif dan negatif beserta saran. Komentar dan saran responden menjadi pertimbangan dalam usulan perbaikan. Hasil evaluasi berupa 6 buah usulan perbaikan konsep aplikasi mobile game. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan konsep aplikasi mobile game persuasif yang memotivasi mahasiswa untuk berolahraga en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account