dc.description.abstract |
Kesadaran dini dengan berolahraga penting untuk mengurangi resiko buruk pada
kesehatan nantinya. Menurut Kwan, et al. (2012), terjadi penurunan aktivitas fisik pada usia
mahasiswa, yakni dari usia akhir remaja ke usia awal dewasa. Dalam aktivitas mahasiswa,
kebugaran dibutuhkan selain untuk dapat menjalani aktivitas padat dalam bidang akademik dan
non-akademik, juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, jadwal padat dan kurangnya
motivasi menjadi halangan untuk berolahraga. Penggunaan smartphone yang praktis dan
memudahkan kehidupan manusia, juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan, seperti
bermain game. Sehingga diharapkan ada aplikasi mobile game yang bersifat persuasif sehingga
dapat memotivasi user untuk berolahraga. Dengan demikian, dilakukan penelitian untuk
menghasilkan konsep mobile game seperti apa yang dapat memotivasi mahasiswa.
Tahapan awal dimulai dengan identifikasi kebutuhan kepada mahasiswa sebagai
responden sebanyak 8 orang. Identifikasi kebutuhan dilakukan dengan wawancara langsung dan
menghasilkan daftar kebutuhan yang terdiri 12 buah kebutuhan. Daftar kebutuhan dikembangkan
menjadi sebuah persona dan skenario. Daftar kebutuhan, persona, dan skenario digunakan
sebagai pedoman perancangan desain menggunakan metode design workshop yang
menghasilkan 3 konsep. Selanjutnya, salah satu konsep akan dipilih berdasarkan penilaian 8
responden dan persentase pemenuhan dari daftar kebutuhan. Konsep terpilih dikembangkan
menjadi rancangan dalam bentuk prototipe low fidelity menggunakan software Just In Mind.
Evaluasi dilakukan oleh responden dari segi persepsi apakah konsep aplikasi mobile
game dapat memotivasi untuk berolahraga serta dari segi desain dan tampilan. Responden
memberikan komentar positif untuk motivasi. Dapat dikatakan, bentuk motivasi yang ada pada
konsep sudah memenuhi kebutuhan responden. Dari segi desain dan tampilan, didapatkan
komentar positif dan negatif beserta saran. Komentar dan saran responden menjadi
pertimbangan dalam usulan perbaikan. Hasil evaluasi berupa 6 buah usulan perbaikan konsep
aplikasi mobile game. |
en_US |