Abstract:
Kedai Kreasi Kopi merupakan salah satu kedai kopi yang berada di kawasan Mekarwangi di mana kedai ini mulai beroperasi pada bulan Desember 2019 hingga saat ini. Pendapatan dari Kedai Kreasi Kopi paling besar didapatkan dari hasil penjualan minuman es kopi susu. Sayangnya, penjualan es kopi susu dari tiap bulannya mengalami penurunan, sedangkan target yang diinginkan oleh pemilik Kedai Kreasi kopi akan selalu meningkat setiap bulannya. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian apakah terdapat kesalahan terhadap harga yang ditawarkan oleh Kedai Kreasi Kopi. Pada penelitian ini dilakukan riset dengan menggunakan metode Choice Based Conjoint (CBC), dengan tujuan untuk mendapatkan fungsi permintaan. Setelah mendapatkan fungsi permintaan tersebut, dilakukan pengelompokan segmen pasar dengan menggunakan metode Latent Class Analysis. Diketahui bahwa terdapat tiga atribut yang dapat mempengaruhi pelanggan dalam memilih membeli es kopi susu yaitu Brand, Harga, dan Promo. Hasil dari penyebaran kuesioner yang telah dilakukan, didapatkan responden sebanyak 317 akan tetapi hanya terdapat 250 responden yang mengisi kuesioner hingga selesai. Pada penelitian ini, dilakukan perhitungan untuk setiap segmen, dengan tujuan dapat melihat bagaimana harga penjualan es kopi susu pada setiap segmen pasar. Selanjutnya akan dilakukan simulasi untuk ketiga segmen untuk melihat pengaruh efek kanibalisasi. Hasil dari penelitian ini yaitu agar mengetahui segmen pasar dari Kedai Kreasi Kopi dan dari hasil tersebut didapatkan bahwa pelanggan Kedai Kreasi Kopi dibagi kedalam tiga segmen yaitu “Sore Santai”, “Pria Pencari Kopi Murah”, dan “Wanita Pencari Kopi Murah”. Setelah dilakukan simulasi untuk ketiga segmen untuk melihat pengaruh efek kanibalisasinya maka harga yang optimal untuk penjualan segelas es kopi susu di Kedai Kreasi Kopi yaitu Rp 16.000 dan Rp 20.000. Untuk mengimplentasikannya maka dilakukan pembedaan terhadap waktu di mana harga jual Rp 16.000 untuk setiap harinya diluar jam 16.00-18.00. Sedangkan untuk pejualan minuman es kopi susu setiap harinya di jam 16.00-18.00 dapat menggunakan harga Rp 20.000.