Usulan strategi bisnis untuk CV. X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Raffaello, Grady
dc.date.accessioned 2021-09-22T04:27:29Z
dc.date.available 2021-09-22T04:27:29Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40454
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12363
dc.description 5100 - FTI en_US
dc.description.abstract Perkembangan industri tekstil di Indonesia sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu dibuktikan dengan masuknya Indonesia sebagai sepuluh eksportir pakaian terbesar di dunia dan meningkatnya nilai ekspor industri tekstil di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. CV. X merupakan sebuah perusahaan tekstil yang bergerak di bidang rajut dan berlokasi di Majalaya, Kabupaten Bandung. Selama lima tahun terakhir jumlah transaksi CV. X cenderung menurun. CV. X ingin meningkatkan jumlah transaksinya, sehingga diperlukan usulan strategi bisnis baru untuk CV. X pertimbangkan agar dapat bersaing di pasar dan meningkatkan jumlah transaksi. Terdapat langkahlangkah yang dapat digunakan untuk menyusun usulan strategi bisnis untuk CV. X. Pertama yaitu mengidentifikasi kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Identifikasi kondisi lingkungan eksternal perusahaan menggunakan dua tools yaitu PEST Analysis dan Porter’s Five Forces. Berikutnya yaitu identifikasi lingkungan internal perusahaan, di mana digunakan dua tools yaitu Key Success Factors (KSF) dan Value Chain. Setelah mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki perusahaan (SWOT Analysis). Berdasarkan faktor-faktor SWOT yang dimiliki perusahaan, disusun usulan-usulan strategi yang memungkinkan menggunakan tool TOWS Matrix. Terdapat beberapa faktor yang menjadi indikator terpilihnya usulan strategi. Faktor-faktor tersebut seperti estimasi biaya investasi yang diperlukan, penilaian subjektif pemilik perusahaan, dan urgensi perusahaan pada saat penelitian berlangsung. Dua usulan strategi terpilih adalah strategi pemasaran dan promosi produk serta strategi standar penentuan kriteria karyawan. Contoh operasionalisasi usulan strategi pemasaran dan promosi produk dapat dilakukan dengan membuat website perusahaan, menggunakan platform media online, dan menawarkan produk ke toko-toko ritel kain. Sedangkan contoh operasionalisasi usulan strategi standar penentuan kriteria karyawan dapat dilakukan dengan mendirikan divisi HR, menetapkan standar kriteria karyawan yang kompeten pada setiap divisi perusahaan, dan melakukan evaluasi kinerja setiap divisi. Perlu dicatat bahwa setiap usulan strategi memiliki risiko kegagalan. Maka dari itu, pada penelitian ini juga disusun analisis manajemen risiko untuk mencegah/meminimalisir en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi bisnis untuk CV. X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account