Perancangan board game untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja

Show simple item record

dc.contributor.advisor Damayanti, Kristiana Asih
dc.contributor.author Prawira, Adhil Yudha
dc.date.accessioned 2017-03-27T09:44:35Z
dc.date.available 2017-03-27T09:44:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1235
dc.description 4433 - FTI en_US
dc.description.abstract Pelatihan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada perusahaan industri merupakan hal yang sudah diterapkan pada masa ini. K3 pekerja dalam sebuah perusahaan industri memiliki aspek besar dalam mempengaruhi keuntungan perusahaan. Pelatihan K3 di PT. Kerta Laksana selama ini menghimbau pekerjanya untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) secara satu arah. Pelatihan yang dilakukan secara satu arah tetap tidak meningkatkan kesadaran pekerja terhadap K3 dan masih banyak pekerja yang tidak menggunakan APD saat bekerja. Pelatihan secara satu arah dianggap membosankan dan tidak diperhatikan dengan sungguh-sungguh oleh pekerja. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran pekerja terhadap K3 adalah dengan cara membuat alat bantu pelatihan yang tidak membosankan dan monoton. Alat bantu pelatihan yang berbentuk permainan memenuhi kebutuhan pekerja akan alat bantu yang tidak formal dan dapat digunakan hampir kapan saja. Board game adalah salah satu jenis permainan yang dapat dibuat dan digunakan sebagai alat bantu. Perancangan board game menggunakan cara perancangan board game Silverman. Data yang digunakan adalah: 1. Data kebutuhan alat bantu pemahaman K3 dari hasil wawancara pekerja, 2. Data mesin-mesin serta resiko kecelakaannya dari hasil wawancara untuk memunculkan kemiripan dari permainan dengan dunia nyata, dan 3. Data APD yang dibutuhan pada setiap mesin-mesin dan stasiun kerja. Permainan diuji oleh 4 kelompok, terdiri dari 1 kelompok pekerja pabrik dan 3 kelompok mahasiswa. Pemain diberikan kuesioner sebelum dan setelah melakukan permainan untuk menunjukkan peningkatan kesadaran pemain terhadap K3. Dari hasil kedua kuesioner didapatkan peningkatan pola kesadaran terhadap K3. Dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa board game dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan K3. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan board game untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account