Abstract:
Jumlah online travel agent terus bertambah tiap tahunnya yang
mengakibatkan persaingan yang ketat antar OTA (online travel agent ). Hal ini
dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat. Tiket.com
merupakan pioner online travel agent di Indonesia, tetapi dari hasil Top Brand Index
2019 hasil yang diraih oleh Tiket.com masih tertinggal dengan kompetitornya.
Berdasarkan fenomena tersebut, objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah online travel agent Tiket.com.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari E-service quality dan
persepsi harga konsumen terhadap repurchase intention pada online travel agent
Tiket.com. Variabel independen (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eservice
quality dan persepsi harga, sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan
dalam penelitian ini adalah repurchase intention. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode exploratory research. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara wawancara, observasi, studi literatur, dan angket (kuisioner) yang
disebarkan kepada 100 orang responden yang pernah menggunakan dan melakukan
transaksi pada online travel agent Tiket.com yang ditentukan dengan metode
judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear
berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing dimensi variabel E-service
quality dan persepsi harga terhadap variable repurchase intention.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : E-service quality dan Persepsi harga
berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention pada online travel agent
Tiket.com. Besar pengaruh masing-masing variabel terhadap repurcahse intention
yaitu variabel E-service quality sebesar 0,364 dan variabel harga sebesar 0,529. Hasil
tingkat repurchase intention pada online travel agent Tiket.com rendah dengan nilai
sebesar 0.091.