Usulan peningkatan kualitas jasa maskapai penerbangan X menggunakan metode Improvement Gap Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tjandra, Sugih Sudharma
dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.author Andrianto, Louisa Idealia Putri
dc.date.accessioned 2020-05-13T06:24:01Z
dc.date.available 2020-05-13T06:24:01Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39525
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10895
dc.description 5018 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri transportasi di Indonesia pada zaman sekarang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satu hal yang meningkatkan minat masyarakat terhadap penggunaan jasa industri penerbangan adalah konsep Low Cost Carrier (LCC). Salah satu maskapai penerbangan yang mengusung konsep LCC adalah maskapai penerbangan X. Untuk dapat menjaga kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa yang diberikan, maskapai penerbangan X selalu melakukan rekapitulasi complaint atau keluhan konsumen. Namun, terjadi kenaikan jumlah keluhan dari tahun 2016 sampai tahun 2018. Jumlah keluhan yang terus bertambah setiap tahunnya dapat mengancam posisi perusahaan secara perlahan Oleh karena itu, maskapai penerbangan X ingin melakukan perbaikan kualitas jasa pada perusahaannya. Dalam pengukuran kualitas jasa maskapai penerbangan X, digunakan metode Improvement Gap Analysis (IGA). Melalui hasil wawancara dan studi literatur, terbentuk 23 atribut yang akan digunakan untuk melakukan perhitungan IGA. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat kuesioner berdasarkan 23 atribut tersebut. Setelah itu, kuesioner disebarkan kepada konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa maskapai penerbangan X. Melalui penyebaran kuesioner tersebut, didapatkan data sebanyak 205 responden. Dari 205 data tersebut, terdapat 200 data yang dapat diolah dengan menggunakan metode IGA agar dapat diketahui prioritas perbaikanya. Berdasarkan matriks IGA yang terbentuk, terdapat 6 atribut yang dilakukan perbaikan. Selanjutnya dilakukan uji crosstab terhadap keenam atribut tersebut serta clustering dan perhitungan IGA terhadap tiap kelompok cluster. Dari hasil uji crosstab didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara usia dengan atribut kehandalan website. Dari hasil perhitungan IGA terhadap masing-masing cluster, didapatkan hasil prioritas perbaikan yang sama seperti sebelumnya. Pada tahap terakhir, dibuat usulan perbaikan untuk mengatasi akar masalah dari setiap atribut yang perlu diperbaiki tersebut. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Jasa en_US
dc.subject Atribut en_US
dc.subject Improvement Gap Analysis (IGA) en_US
dc.subject Clustering en_US
dc.title Usulan peningkatan kualitas jasa maskapai penerbangan X menggunakan metode Improvement Gap Analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610116
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424077103
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account