Abstract:
Dalam penyusunan laporan praktik kerja ini, penulis melakukan praktik kerja di Community Development Centre (CDC) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Telekomunikasi Bandung Barat. yang berlokasi di Jalan Rajawali Barat No. 101 Bandung. Dengan waktu pelaksanaan praktik kerja yang dimulai pada tanggal 10 Juni 2019 hingga berakhir pada 9 Agustus 2019 dengan jumlah waktu kerja selama 268, 25 jam.
Pada saat praktik kerja dilaksanakan, penulis ditempatkan sebagai staf administrasi perusahaan bagian administrasi dan pengarsipan. Pada pelaksanaan praktik kerja, penulis diberikan tugas antara lain: membuat kuitansi bukti penyerahan pinjaman pada triwulan III tahun 2019 dan mengarsipkannya, menghubungi mitra binaan lama untuk penagihan cicilan yang harus dibayarkan maksimal tanggal 10 tiap bulannya (reminding call) dan mengisi surat berita acara terkait kondisi pembayaran mitra binaan yang berada dalam kondisi pembayaran rescheduling dan reconditioning. Dalam pelaksanaan praktik kerja ini penulis menemui beberapa kendala dan masalah yaitu, kurangnya koordinasi antara Staf CDC dengan penulis sehingga pekerjaan penulis sering dikerjaan juga oleh Staf CDC yang lain sehingga sering terjadi melakukan pekerjaan dua kali, kurangnya tindakan follow up data mitra binaan secara berkala sehingga untuk proses penagihan angsuran sering terjadi masalah mitra binaan yang sulit dihubungi atau nomor telepon tidak aktif, mesin fotokopi dan printer macet dan telepon rusak.
Secara keseluruhan, penulis telah mengamati dan menyimpulkan bahwa pelaksanaan pekerjaan di bagian administrasi perkantoran sudah terlaksana dengan baik. Kelengkapan data yang dibutuhkan secara efektif dan efisien juga kerjasama yang baik antar pegawai sangat mempengaruhi keberhasilan serta kelancaran pekerjaan di bagian administrasi perkantoran di Community Development Centre (CDC) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Telekomunikasi Bandung Barat. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh penulis selama melaksanakan praktik kerja, penulis menyarankan sebaiknya atasan lebih sering untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan bawahan karena rencana akan terwujud dan terlaksana dengan baik apabila komunikasi yang dilakukan pun baik, sebaiknya Staf CDC lebih sering untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Staf CDC yang lain karena rencana akan terwujud dan terlaksana dengan baik apabila komunikasi yang dilakukan pun baik, sebaiknya Asisten Manajer dan Staf CDC berkoordinasi untuk saling membantu tindakan follow up data mitra binaan agar data mitra binaan yaitu nomor telepon dan alamat selalu dalam kondisi terkini. Selain itu, sebaiknya dilakukan pengecekan secara berkala terkait semua fasilitas yang ada di dalam kantor agar dapat menunjang efektivitas dan efisiensi pekerjaan pegawai. dapat dilakukan pengecekan berkala terkait fasilitas yang sudah ada seperti mesin fotokopi dan printer diperbaiki dan telepon rusak diperbaiki juga agar mengurangi antrian telepon.