Pendidikan multikulturalisme dan perdamaian : studi kasus siswa Mindanao di Sekolah Sukma Bangsa Pidie

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Elisabeth Adyiningtyas Satya
dc.contributor.author Satya, Putu Agung Nara Indra Prima
dc.contributor.author Giani, Agnes
dc.date.accessioned 2020-03-03T07:16:58Z
dc.date.available 2020-03-03T07:16:58Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 144269
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10293
dc.description.abstract Pendidikan bina damai dan multikulturalisme merupakan sebuah kebutuhan di tengah-tengah masyarakat yang beragam seperti di Indonesia. Keberagaman di Indonesia bagaikan sebuah pisau bermata dua yang membawa keunikan tersendiri sekaligus menyimpan ancaman konflik yang muncul akibat perbedaan yang ada. Konflik tersebut muncul karena pemahaman terhadap bina damai dan multikulturalisme masih belum membudaya dalam masyarakat serta belum mewujud dalam pendidikan. Sekolah Sukma Bangsa merupakan salah satu sekolah yang memberlakukan pendidikan bina damai dan multikulturalisme di Indonesian. Bahkan, di awal tahun ini, Sekolah Sukma Bangsa menerima 20 siswa yang berasal dari daerah konflik di Mindanao, Filipina Selatan. Kehadiran para siswa yang begitu dekat dengan situasi konflik mampu memperkaya pengalaman bina damai dan keberagaman di Sekolah Sukma Bangsa. Penelitian ini selanjutnya akan mengurai tentang proses adaptasi, interaksi, dan pembelajaran yang dialami oleh para siswa asal Mindanao di Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, khususnya terkait pendidikan bina damai dan multikulturalisme di sekolah tersebut. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan manajemen konflik, studi perdamaian, serta konsep toleransi dalam komunitas. Melalui pengamatan atas proses-proses yang dijalani oleh siswa asal Mindanao, diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukan terhadap proses pembauran, pengelolaan perbedaan, dan manajemen konflik yang terkait dengan keberagaman di Indonesia. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.title Pendidikan multikulturalisme dan perdamaian : studi kasus siswa Mindanao di Sekolah Sukma Bangsa Pidie en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account