Pendampingan pendidikan nilai-nilai keberagaman kepada guru, orang tua dan siswa Sekolah Dasar Ciumbuleuit Bandung : upaya pencapaian SDGs #16

Show simple item record

dc.contributor.author Kartasasmita, Giandi
dc.contributor.author Valerisha, Anggia
dc.contributor.author Dewi, Elisabeth Adyiningtyas Satya
dc.contributor.author Satya, Putu Agung Nara Indra Prima
dc.contributor.author Stephanny, Stella
dc.contributor.author Arijanto, Vania
dc.date.accessioned 2020-03-03T06:52:25Z
dc.date.available 2020-03-03T06:52:25Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 144267
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10292
dc.description.abstract Target pembangunan berkelanjutan atau juga dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda global yang perlu diturunkan ke dalam program-program yang langsung menyentuh masyarakat. Poin ke-16 dari agenda SDGs adalah pencapaian perdamaian, keadilan dan insitusi yang kuat. Di sisi lain, isu-isu tentang perdamaian dan keadilan, khususnya di Indonesia yang masyarakatnya majemuk, sangat dekat dengan isu keberagaman serta multikulturalisme. Keberagaman di Indonesia memiliki konsekuensi yang positif sekaligus negatif karena menyimpan potensi konflik yang muncul akibat perbedaan yang tidak dapat dinegosiasikan. Isu keberagaman di Indonesia sejauh ini belum diimbangi dengan pendidikan bina damai serta multikuturalisme yang merupakan salah satu metode untuk mengelola keberagaman sekaligus mencegah konflik. Sejalan dengan itu, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pendampingan Pendidikan Nilai-nilai Keberagaman Kepada Guru, Orang Tua a dan Siswa Sekolah Dasar di Ciumbuleuit Bandung” dilakukan untuk mendukung upaya pencapaian agenda SDGs poin ke-16 tersebut di tingkat lokal. Pengabdian ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran untuk mengelola keberagaman dalam konteks multikulturalisme serta bina damai khususnya dalam konteks keberagaman agama. Pada dasarnya kegiatan ini dirancang atas dasar keprihatinan dalam melihat kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi sekolah dasar mengenai nilai-nilai keberagaman agama di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung secara bertahap dimulai dengan kegiatan pendampingan dan pembekalan yang diadakan setiap minggu oleh tim dosen bekerjasama dengan organisasi mahasiswa Kakak Asuh, juga dengan Komunitas Bhinneka dan Alumni. Melalui kegiatan pendampingan ini didapati bahwa: 1) Siswa-siswi semakin mengenal perbedaan agama/kepercayaan yang didasari oleh nilai hormat dan menghargai perbedaan dengan kasih, 2) Guru dibekali dengan nilai keberagaman serta dibekali dengan pengetahuan pentingnya mengajarkan dan membimbing siswa-siswi sekolah dasar untuk mengenal nilai keberagaman dan bagaimana menumbuhkan sikap toleransi di antara siswa-siswi sekolah dasar, 3) Para orang tua siswa semakin mengetahui pentingnya mengajarkan dan mendidik putra-putri mereka di rumah dengan nilai-nilai cinta kasih dan perdamaian. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject nilai keberagaman en_US
dc.subject Indonesia en_US
dc.subject SDGs en_US
dc.subject perdamaian en_US
dc.subject pendidikan sekolah dasar en_US
dc.title Pendampingan pendidikan nilai-nilai keberagaman kepada guru, orang tua dan siswa Sekolah Dasar Ciumbuleuit Bandung : upaya pencapaian SDGs #16 en_US
dc.type Community Service Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account