Abstract:
Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai produk adalah dari kemasan. Kemasan produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh konsumen dan sekaligus dapat dipergunakan sebagai salah satu cara untuk marketing, oleh karenanya merancang kemasan produk yang baik akan sangat berguna untuk meningkatkan nilai dan daya saing produk. Masalah rancangan kemasan produk dihadapi oleh UMKM binaan Kadin Kota Bandung, seiring dengan semakin tingginya tingkat persaingan produk khususnya makanan, sehingga perlu untuk membuat kemasan produk yang baik dan mengena pada tujuan.
Fokus pada pengabdian ini adalah pendampingan UMKM binaan Kadin Kota Bandung untuk merancang kemasan yang baik dan diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk. Pengabdian ini terdiri dari 2 tahap yang dilaksanakan mulai Januari – November 2019, meliputi kegiatan persiapan, workshop, dan coaching pembuatan kemasan produk bagi UMKM yang bergerak di produk makanan.
Kegiatan workshop dihadiri oleh 52 pelaku UMKM Binaan Kadin Kota Bandung yang bergerak di bidang makanan, peserta belajar untuk mendesain kemasan yang baik. Kegiatan coaching dilakukan setiap 2 kali sebulan yang diikuti oleh rata-rata 4 UMKM dalam setiap sesi. Pada kegiatan coaching ini dilakukan konsultasi sekaligus desain kemasan.