dc.description.abstract |
Kampung Gajah Wonderland merupakan salah satu amusement park (taman
hiburan) yang terdapat di Bandung. Amusement park adalah tempat wisata yang
menawarkan hiburan berupa wahana permainan dan didukung fasilitas lainnya seperti
toko dan restoran. Dengan luas sekitar 58 hektar, diperlukan adanya wayfinding yang
jelas agar pengunjung mudah untuk mencari suatu lokasi. Salah satu alat penunjang
wayfinding adalah visual display. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengunjung
Kampung Gajah Wonderland, diketahui pengunjung masih merasakan kesulitan untuk
mencari suatu lokasi, meskipun pada saat ini sudah terdapat beberapa visual display di
Kampung Gajah Wonderland. Hal tersebut menunjukkan bahwa visual display sekarang
yang terdapat di Kampung Gajah Wonderland belum ergonomis sehingga perlu dilakukan
evaluasi dan perancangan visual display penunjang wayfinding yang ergonomis.
Evaluasi visual display sekarang diukur dari performansi responden saat
melakukan 5 tugas yang diberikan. Responden yang dipilih adalah pengunjung yang
belum pernah mengunjungi Kampung Gajah Wonderland, dengan jumlah sebanyak 30
responden. Ukuran performansi diukur dari waktu (detik), jarak (langkah), alur
(pergerakan responden), dan kuesioner. Dari hasil evaluasi visual display sekarang,
dapat diketahui rancangan visual display yang dibutuhkan pengunjung. Selain dari hasil
evaluasi visual display sekarang, perancangan visual display juga dibuat berdasarkan
perhitungan tinggi, lebar, dan tebal huruf. Evaluasi rancangan visual display dilakukan
sama seperti evaluasi visual display sekarang, dengan kriteria responden yang sama dan
berjumlah 30. Hasil dari kedua evaluasi tersebut akan diuji dengan menggunakan paired
t test untuk mengetahui apakah perbedaan rata-rata tersebut signifikan atau tidak.
Berdasarkan hasil paired t test, diketahui bahwa semua nilai p value yang
dihasilkan lebih kecil dari nilai α yang digunakan (5%), sehingga dapat disimpulkan
bahwa perbedaan rata-rata antara evaluasi visual display sekarang dan evaluasi
rancangan visual display signifikan, dan terjadi peningkatan performansi dengan
menggunakan rancangan visual display. |
en_US |