Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dalam menyusun strategi peningkatan daya saing di pasar global setelah memahami kontribusi faktor internal (modal insani, desain, produksi) dan kontribusi faktor eksternal pasar domestik dan manfaat internasionalisasi) terhadap niat UMKM di Indonesia dalam melakukan internasionalisasi.
Metode penelitian yang dilakukan adalah (1) studi pendahuluan – bertujuan untuk memahami dorongan dan tantangan dalam internasionalisasi UMKM, (2) pemodelan internasionalisasi – bertujuan untuk memodelkan niat internasionalisasi dan faktor yang mempengaruhinya, dan (3) perumusan rekomendasi internasionalisasi – bertujuan untuk memberikan masukan terkait dengan upaya peningkatan daya saing UMKM dalam rangka internasionalisasi. Model yang dikembangkan akan divalidasi secara empiris melalui studi survei ke para pelaku UMKM di Indonesia.
Kegiatan penelitian dibagi ke dalam enam kegiatan utama, yaitu persiapan, pemodelan, pengumpulan data, pengujian model, analisis, dan penyusunan laporan dan publikasi. Keenam kegiatan tersebut dilakukan dalam tempo 10 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal insani memiliki pengaruh yang paling besar terhadap niat UMKM melakukan internasionalisasi, disusul dengan kemampuan dalam desain, dan persepsi manfaat yang dapat diperoleh dari