Abstract:
Persediaan barang merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Dengan pengelolaan persediaan barang yang baik tentunya akan menjamin kelancaran perusahaan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Namun, dalam mengelola persediaan barang tidaklah mudah yang disebabkan beberapa faktor, seperti perilaku permintaan barang yang berubah-ubah, umur usia pakai barang (kadaluarsa), faktor diskon yang diberikan oleh pemasok untuk pembelian dalam jumlah tertentu, harga jual barang, waktu pengiriman barang yang tidak menentu, dan sebagainya. Perilaku permintaan konsumen akan semakin dinamis ketika toko/perusahaan memberikan diskon penjualan/harga tertentu bagi konsumen yang membeli dalam jumlah tertentu atau pada waktu-waktu tertentu, seperti waktu liburan, hari raya. Pada sisi lain, diskon pembelian dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meminimumkan biaya total persediaan, disamping perlu diperhatikan akan dampak biaya penyimpanan yang dikeluarkan untuk menyimpan barang dalam jumlah yang besar. Pada penelitian ini akan dicoba dibentuk suatu model persediaan barang dimana permintaan barang bergantung pada harga jual dan tingkat persediaan barang serta mempertimbangkan faktor diskon pembelian. Pembentukan model persediaan barang ini didasarkan pada model dari Chun-Tao Chang, et. al. (2010)