Implementasi Simpatik (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan untuk Publik) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Triastuti, Maria Rosarie Harni
dc.contributor.author Febrianti, Yuliana Keke
dc.date.accessioned 2020-04-07T03:07:43Z
dc.date.available 2020-04-07T03:07:43Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39136
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10394
dc.description 8994 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi Simpatik (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Untuk Publik) di DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dan melihat kendala apa saja yang terjadi dalam pelaksanaannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori faktor-faktor keberhasilan implementasi e-government yang dikembangkan oleh Siddique dan AL-Naimat dkk yang meliputi [1]e-leadership, [2]sumber daya (resourcing), [3]komunikasi dan koordinasi (communication & coordinating),dan [4]ICT Literacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai objek penelitian. Penulis menggunakan metode pengumpulan data melalui [1] wawancara mendalam yang dilakukan kepada Kepala Bidang Data dan Informasi DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, 3 pegawai Seksi Pengembangan Sistem Informasi DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dan 10 masyarakat pengguna aplikasi Simpatik (pemohon), [2] observasi di DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dan [3]studi dokumen resmi dari DPMPTSP Provinsi Jawa Barat. Penelitian dilakukan di Kantor DPMPTSP Provinsi Jawa Barat untuk melihat proses pelayanan perizinan berlangsung. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukan bahwa [1]dalam faktor e-leadership sudah terdapat kolaborasi, bimbingan, dan penyampaian tujuan yang baik dari pemimpin, tetapi pengawasan yang dilakukan masih sebatas monitoring melalui web backoffice dan keluhan masyarakat saja. [2]Lalu pada faktor sumber daya, jumlah pegawai yang ada masih kurang, adanya SK Perizinan yang tidak standar, server yang terkadang bermasalah serta jaringan internet yang lemah, dan sistem yang cukup rumit pada fitur pendaftaran izin online. [3]Sudah ada komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan implementasi Simpatik. [4]Terakhir pada faktor ICT Literacy terdapat pengetahuan yang baik dan keterampilan yang berbeda-beda dari masyarakat. Dengan mempertimbangkan temuan kurangnya jumlah pegawai, maka perlu dilakukan analisis beban kerja dari pegawai teknis (programmer) dan apabila diperlukan menambah jumlah pegawai melalui PPPK. Dengan mempertimbangkan temuan rumitnya aplikasi Simpatik, maka perlu aplikasi Simpatik perlu dibuat menjadi lebih ramah pengguna khususnya pada fitur pendaftaran izin online. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject pelayanan perizinan en_US
dc.subject teknologi informasi en_US
dc.subject komunikasi (ICT) en_US
dc.title Implementasi Simpatik (Sistem Informasi Pelayanan Perizinan untuk Publik) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat en_US
dc.type Undergraduate Theses
dc.identifier.nim/npm NPM2016310046
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0407107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account